Tokoh Telematika... Onno W. Purbo

Minggu, 10 Januari 2010

Telematika adalah sebuah sistem elektronik yang lahir dari perkembangan dan konvergensi telekomunikasi, media, dan informatika. Di Indonesia, telematika sudah semakin berkembang dan beberapa tokoh telematika juga ikut serta dalam perkembangan telematika di Indonesia. Salah satu tokoh tersebut adalah Onno W. Purbo

Di sini saya akan mencoba sedikit menerangkan siapa itu Onno W. Purbo.
Onno W. Purbo (lahir di bandung, 17 Agustus 1962) adalah seorang tokoh telematika yang bergerak di bidang Teknologi Informasi. Ia juga memulai pendidikian akademisnya di ITB pada jurusan teknik elektro pada tahun 1981 dan enam tahun kemudian ia lulus dengan mendapatkan predikat wisudawan terbaik, kemudian ia menjutkan studi nya ke Kanada dengan beasiswa dari PAUME.

Onno W. Purbo juga kerap dijuluki sebagai "profesor internet" karena komitmen dan kontribusinya yang besar terhadap dunia TI Indonesia. Berbagai penghargaan sudah diraihnya, seperti Golden Award for Indonesian Telematika Figure dari Kamar Dagang Indonesia (2000), ASEAN Outstanding Engineering Achievement Award dari ASEAN Federation of Engineering Organization (1997), dan masih banyak lagi penghargaan yang sudah diraihnya.

Onny W. Purbo bisa dibilang juga ikut berperan dalam hal perkembangan internet di Indonesia. Awalnya, ia dan beberapa temannya merintis teknik komunikasi band 40 meteran (27 MHz) yang dikenal sebagai packet radio. Modusnya, radio disambungkan ke komputer lewat modem, dan lewat media inilah ia menggunakan e-mail.

Onny W. Purbo juga suka menulis buku-buku tentang TI. Salah satu buku hasil tulisannya dan menjadi best seller adalah Teknologi Warung Internet (Elex Media Komputindo, Jakarta). Selain aktif menjadi penulis, dia juga aktif dalam dunia internet serta aktif juga dalam mengkritik seputar teknologi VoIP.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya terangkan... semoga membantu...

Thanks.... ^-^

Sumber : http://wd4.blogspot.com



0 komentar:

Posting Komentar

My Music


 
Copyright 2010 Powered by blogger
Winter Christmas design by freebingo bloggerized by Biyan Networks Brought to you by Dzignine.com