Etika Di Kehidupan Sehari-Hari

Minggu, 21 Maret 2010

Etika (Yunani Kuno : “ethikos” yang berarti “timbul dari kebiasaan”) adalah cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standard an penilaian moral. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab.


Jadi bisa disimpulkan pengertian etika dari tulisan yang diatas adalah sebuah aturan perilaku, adat kebiasaan manusia dalam pergaulan antara sesamanya dan menegaskan mana yang benar dan mana yang buruk. Didalam setiap kegiatan yang lakukan, juga harus didasarkan oleh etika agar orang-orang yang berada disekitarnya dapat menilai baiknya kegiatan yang sedang dilakukan.

Berikut adalah contoh etika dari beberapa kegiatan yang biasa dilakukan :

1. Etika dalam menggunakan handphone

Hp atau Handphone adalah perangkat telekomunikasi yang memiliki banyak manfaat dan mudah dalam pengoperasian. Namun untuk mendapatkan sebuah manfaat yang berdapat positif, pengguna harus beretika ketika menggunakan teknologi tersebut dengan cara melihat lingkungan sekitar, seperti :

- Tempat yang sesuai untuk menggunakan handphone, seperti tempat ibadah, gedung bioskop, ruang kelas dan lain-lain. Jadi pengguna harus mengetahui apakah tempat tersebut akan terganggu ketika pengguna menggunakan handphone.

- Volume suara pengguna ketika melakukan pembicaraan menggunakan handphone. Jadi pengguna harus menggunakan volume suara yang normal ketika melakukan pembicaraan menggunakan handphone agar tidak menarik perhatian dan tidak mengganggu orang-orang yang berada disekitar anda.

- Tema pembicaraan. Ketika pengguna berada ditempat umum, diusahakan untuk tidak melakukan pembicaraan yang bersifat pribadi karena jika dilakukan didekat orang lain, akan membuat orang lain mau tidak mau mendengarkan pembicaraan pribadi pengguna. Jika pembicaraan tersebut harus dilakukan, maka lakukanlah pembicaraan tersebut ketika keluar dari tempat tersebut.

- Waktu ketika menerima panggilan dari handphone. Jika pengguna handphone sedang melakukan perbincangan langsung dengan orang lain, disarankan agar tidak menerima panggilan telepon ketika ditengah perbincangan karena hal tersebut kurang menunjukkan etika dan respek terhadap lawan bicara yang sedang berhadapan langsung kecuali panggilan tersebut sangat penting, jadi pengguna mau tidak mau harus memotong perbincangan tersebut.

- Ketika menerima telepon, pengguna diwajibkan untuk focus kepada lawan bicaranya agar pembicaraan tersebut tidak berujung kearah kesalahpahaman.

- Ketika melakukan wawancara, pertemuan, presentasi, dan ketika melakukan penerbangan, diwajibkan bagi pengguna untuk mematikan handphone tersebut agar kegiatan tersebut tidak terganggu atau handphone tersebut tidak mengalami kerusakan ketika dalam penerbangan.

- Pilihan antara menggunakan sms atau telepon. Hal tersebut harus didasari dari kebutuhan pengguna, jika pengguna membutuhkan respon langsung sebaiknya melakukan telepon langsung. Tetapi jika pengguna merasa respon tersebut tidak dibutuhkan secepatnya sebaiknya pengguna menggunakan sms agar kegiatan yang sedang dilakukan dari kedua pihak tidak terganggu.


2. Etika dalam chatting

Chatting adalah sebuah media komunikasi yang menggunakan hubungan internet. Biasanya chatting hanya dilakukan oleh dua orang saja. Tapi walaupun kegiatan tersebut hanya dilakukan oleh dua orang saja dan tidak secara langsung, tetap saja pengguna harus menggunakan etika ketika melakukannya, seperti :

- Ketika melakukan chat, pengguna harus jujur dengan lawan chat agar tidak menimbulkan kekecewaan dikemudian hari.

- Jangan melakukan sebuah keisengan (melakukan buzz) karena bisa saja orang yang sedang diisengi sedang sibuk dengan pekerjaan yang ia lakukan.

- Ketika melakukan chat harus bersikap sopan, seperti mengucapkan salam ketika membuka pembicaraan atau tidak menggunakan kata-kata kasar.

- Jika pengguna merasa terganggu dengan salah satu teman chat, pengguna dapat melakukan update status yang berisikan informasi yang berkaitan dengan kegiatan pengguna yang tidak boleh diganggu.

- Jangan terlalu lama membalah chat yang sudah masuk, karena lawan chat tersebut bisa saja tidak terlalu suka ketika disuruh menunggu.

- Perhatikan huruf-huruf yang digunakan ketika melakukan chat, bisa saja jika pengguna salah menggunakan huruf lawan bisa saja terjadi kesalahpahaman.

- Ketika melakukan chat, diusahakan jangan mebicarakan topic yang berkaitan dengan SARA.

- Jika lawan chat sudah tidak mau chat, pengguna jangan memaksakan kehendak kepada lawan chat untuk chat lebih lama lagi.


3. Etika dalam menggunakan email

Email adalah sarana untuk surat menyurat yang menggunakan internet. Dalam menggunakan email juga harus didasari dengan etika agar maksud dari email tersebut akan sesuai dengan kehendang pengirim email, seperti :

- Jangan menggunakan huruf besar ketika menulis email. Hal tersebut bisa berdampak kesalahpahaman.

- Isi subject sesuai sesuai dengan isi dari email tersebut.

- Jangan mengirimkan pesan-pesan yang tidak penting (iseng).

- Gunakanlah bahasa yang sopang ketika menulis email. Terutama kepada orang yang belum dikenal baik.

- Diusahakan agar jangan menulis sesuatu yang berkaitan dengan kejelekan orang lain.

- Jangan menggunakan CC (Carbon Copy), karena jika penerima melihat email tersebut, semua alamat email yang ditulis di CC akan terlihat juga.

- Jika email tersebut bersifat formal, gunakan susunan selayaknya surat resmi (perihal, pengirim, penerima, pembuka, isi, dan penutup).


4. Etika dalam menggunakan radio komunikasi

Radio komunikasi adalah salah satu sarana komunikasi yang menggunakan pemancar. Dalam menggunakan sarana ini juga harus menggunakan etika, seperti :

- Memantau frekuensi yang ingin dimasuki.

- Menyebutkan posisi pengguna.

- Menggunakan kata “ganti” pada akhir pembicaraan.

- Memberikan prioritas kepada penyampai berita-berita yang penting.

- Menggunakan bahasa yang sopan.

- Menulis Log Book yang berisikan tentang siapa yang anda ajak untuk berkomunikasi, tanggal melakukan komunikasi, dan waktu ketika melakukan komunikasi.

- Menggunakan Nama Panggilan Juliet Zulu, No Daerah dan Suffiknya, contoh JZ12AR


Sumber :
Pengertian Etika : wikipedia.org dan scribd.com
Etika menggunakan Handphone : kumpulan.info
Etika menggunakan Chat : andi-and1godwar.blogspot.com
Etika menggunakan Email : cbot59.blogspot.com
Etika menggunakan Radio Komunikasi : sites.google.com

0 komentar:

Posting Komentar

My Music


 
Copyright 2010 Powered by blogger
Winter Christmas design by freebingo bloggerized by Biyan Networks Brought to you by Dzignine.com